Dipublikasikan 19/11/2023

Abu Bakar Ash Shiddiq: Sahabat terdekat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam


Pendahuluan:

Abu Bakar Ash Shiddiq, sahabat karib dan pewaris terdekat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam, adalah salah satu tokoh agung dalam sejarah Islam. Artikel ini akan mengupas kehidupan, keutamaan, dan kontribusi luar biasa dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, seorang yang dikenal dengan gelar “As-Siddiq” yang berarti “Pembenar Kebenaran.” Mari kita simak secara mendalam tentang sosok yang memiliki tempat istimewa dalam hati umat Islam.

1. Nasab Beliau

Nama lengkap Abu Bakar adalah ‘Abdullah bin ‘Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhar bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan at-Taimi al-Qurasyi.

Bertemu nasabnya dengan Muhamad pada kakeknya yang bernama Murrah bin Ka’ab[8] dan ibu dari Abu Bakar adalah Ummu al-Khair Salma binti Shakhr bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim yang berarti ayah dan ibunya sama-sama dari kabilah Bani Taim

2. Kehidupan Awal dan Keislaman:

Abu Bakar lahir di Makkah sekitar tahun 573 M, sebelum kenabian Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasalam. Pada awalnya, ia hidup sebagai pedagang yang sukses dan dikenal sebagai orang yang jujur dan amanah. Abu Bakar memeluk Islam di usia 37 tahun setelah mendengar dakwah Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasalam. Keberanian dan kejujurannya membuatnya menjadi salah satu yang pertama masuk Islam.

3. Pemilihan Sebagai Khalifah:

Abu Bakar Ash-Shiddiq terpilih sebagai khalifah pertama setelah wafatnya Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasalam. Pemilihan ini melibatkan musyawarah dan berkat kepemimpinan dan kejujurannya, umat Islam sepakat memilihnya sebagai pemimpin. Khalifah Abu Bakar memulai kepemimpinannya dengan tegas dan adil, menjaga keutuhan umat Islam dan memimpin dengan teladan.

4. Kepemimpinan yang Adil dan Bijaksana:

Selama masa kekhalifahan Abu Bakar, banyak penaklukan besar terjadi di bawah kepemimpinannya, seperti penyebaran Islam ke wilayah-wilayah baru. Namun, yang lebih penting adalah adilnya dalam menjalankan kebijakan, menegakkan hukum Islam, dan memastikan kesejahteraan umat. Keberanian dan kejujuran Abu Bakar sebagai pemimpin menjadi cermin bagi kepemimpinan yang berkualitas tinggi.

5. Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam Hadits dan Al-Qur’an:

Kedekatan Abu Bakar dengan Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasalam tercermin dalam banyak Hadits.

Saat terpenting adalah kebersamaan Abu Bakar ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berhijrah ke Madinah, hingga kesempatan ini terukir indah dalam Alquran dengan menyematkan kepadanya gelar sahabat. Allah Ta’ala berfirman,

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا

“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita.”  (QS. At-Taubah: 40)

Kejadian ini juga diceritakan sendiri oleh Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu dalam hadits yang sahih,

نَظَرْتُ إِلَى أَقْدَامِ الْمُشْرِكِينَ عَلَى رُءُوسِنَا وَنَحْنُ فِي الْغَارِ، فَقُلْتُ : يَارَسُولَ اللهِ لَوْ أَنَّ أَحَدَهُمْ نَظَرَ إِلَى قَدَمَيْهِ أَبْصَرَنَا تَحْتَ قَدَمَيْهِ، فَقَالَ : يَا أَبَابَكْرٍ مَاظَنُّكَ بِاثْنَيْنِ اللهُ ثَالِثُهُمَا

“Aku melihat kaki-kaki kaum musyrikin berada di atas kepala kami ketika kami di dalam gua, maka aku katakana, ‘Wahai Rasulullah, seandainya seorang dari mereka melihat ke arah kakinya, niscaya dia akan melihat kita di bawah kedua kakinya.’ Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , ‘Wahai Abu Bakar, apalah yang kau perkirakan terhadap dua orang yang Allah menjadi pihak ketiganya. Bagaimana pendapatmu tentang dua orang yang ditolong oleh Allah Azza wa Jalla sebagai pihak ketiga.’” (HR. Bukhari, no. 3653 dan Muslim, no. 2381)

Keberanian Abu Bakar selama Hijrah menjadi bukti ketegasan dan ketulusan hatinya dalam mendukung agama Allah.

6. Keutamaan dan Gelar “As-Siddiq”:

Abu Bakar Ash-Shiddiq memperoleh gelar “As-Siddiq” karena kejujurannya yang luar biasa. Gelar ini diberikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasalam sebagai pengakuan terhadap kepercayaan dan kebenaran Abu Bakar. Ia adalah orang pertama yang membenarkan kenabian Muhammad Shallallahu ‘alahi wasalam dan merupakan sahabat yang paling dekat dengan beliau.

7. Kontribusi Abu Bakar terhadap Perpustakaan Islam:

Abu Bakar juga terkenal karena mengumpulkan dan merinci ayat-ayat Al-Qur’an yang tersebar setelah wafatnya Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasalam. Inisiatifnya dalam menyusun mushaf Al-Qur’an menjadi dasar bagi pengumpulan dan penyusunan Al-Qur’an seperti yang kita kenal saat ini.

8. Kesimpulan:

Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah pilar utama dalam sejarah Islam. Kehidupannya yang penuh kesetiaan kepada Allah dan Rasulullah, keberanian dalam menyebarkan Islam, dan kepemimpinannya yang adil telah menempatkannya sebagai salah satu tokoh yang paling dihormati dalam sejarah umat Islam. Gelar “As-Siddiq” yang melekat pada namanya menjadi saksi kebenaran dan kejujuran yang menjadikan Abu Bakar sebagai contoh yang harus diikuti oleh seluruh umat Islam. Semoga kehidupan dan kontribusi Abu Bakar Ash-Shiddiq menginspirasi generasi Muslim untuk meneladani nilai-nilai kejujuran, keberanian, dan ketulusan dalam setiap langkah hidup mereka. Aamiin.


Baca Artikel Lainnya

Hapus informasi Pengguna

Cara Menghapus Akun dan Data Anda Untuk meminta penghapusan akun […]

sedih dan galau Sedih dan Galau

Sedih dan Galau adalah hal yang wajar bagi manusia. Kehidupan […]

utsman bin affan Mengenal Sosok Utsman bin Affan

Utsman bin Affan, seorang sahabat terkemuka dan Khalifah kedua dalam […]